VISI PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Program Studi Pendidikan Matematika Menjadi Program Studi Yang Menghasilkan
Lulusan Yang Berkarakter dengan Memiliki Kompetensi (Pedagogik, Profesional,
Kepribadian, Dan Sosial) dan Berjiwa Kewirausahaan Di Bidang Pendidikan
Matematika Serta Berperan Aktif Dalam Meningkatkan Dan Mengembangkan Sumber
Daya Manusia Di Bidang Pendidikan Matematika Berbasis Digital Pada Tahun 2032.

 

MISI PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA

  1. Menyelenggarakan manajemen program studi Pendidikan Matematika melalui
    penguasaan ICT (Information and Communications Technology) yang sesuai dengan
    perkembangan teknologi pembelajaran terkini dan modern serta berkualitas.
  2. Menyelenggarakan pembelajaran Pendidikan Matematika yang inovatif berbasis
    penelitian dan digital untuk menghasilkan lulusan yang menguasai pedagogik
    berkualitas, berkompetensi professional serta memiliki kepribadian dan keterampilan
    sosial yang tinggi sehingga lulusan pendidikan matematika memiliki 4 kompentensi
    (pedagogik, professional, kepribadian, dan sosial).
  3. Mengembangkan dan menyelenggarakan karakter dan jiwa kewirausahaan pada
    civitas akademika di program studi pendidikan matematika.
  4. Menyelenggarakan penelitian secara kompetitif di bidang pendidikan matematika
    untuk mengembangkan dan memperkokoh keilmuan yang diakui secara nasional
    dengan memiliki kemampuan, kemauan dan kebiasaan untuk melakukan penelitian
    di bidang pendidikan matematika.
  5. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Matematika
    berdasarkan hasil – hasil penelitian ataupun studi kelayakan secara professional
    yang dilandasi tanggung jawab kepada masyarakat melalui penyebarluasan dan
    penerapan ilmu pendidikan matematika dalam upaya memberikan kontribusi kepada
    masyarakat.
  6. Menyediakan sarana dan prasarana pendidikan, pembelajaran, penelitian serta
    pengabdian kepada masyarakat di program studi pendidikan matematika yang
    memadai dalam upaya mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  7. Melaksanakan dan mengembangkan kerjasama regional dan nasional dalam upaya
    mendukung pengembangan Tri Dharma perguruan tinggi.

TUJUAN PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA

  1. Menghasilkan lulusan yang dapat membuat media pembelajaran melalui
    penguasaan keterampilan dengan memanfaatkan perangkat ICT (Information and
    Communications Technology) dalam pembelajaran Pendidikan Matematika terkini
    dan modern serta berkualitas.
  2. Menghasilkan sarjana pendidikan matematika berkualitas yang memiliki dan
    menguasai wawasan pedagogik pendidikan matematika secara professional,
    memahami karakteristik peserta didik, menguasai ilmu pendidikan matematika
    secara luas dan mendalam, berkepribadian kuat dan memiliki jiwa sosial yang tinggi,
    serta menguasai teknik evaluasi hasil belajar pendidikan matematika.
  3. Menghasilkan lulusan pendidikan matematika yang berkarakter dan berjiwa
    kewirausahaan di bidang pendidikan matematika.
  4. Mampu merancang, mengembangkan, dan terampil melaksanakan penelitian di
    bidang pendidikan matematika secara efektif, efisien, dan menyenangkan untuk
    berbagai jenjang pendidikan serta mampu menerapkan ilmu pendidikan matematika
    dengan baik sehingga menghasilkan penelitian pendidikan matematika yang diakui
    secara nasional.
  5. Menerapkan hasil penelitian pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat di
    bidang pendidikan matematika yang dilandasi dengan tanggung jawab sosial kepada
    masyarakat.
  6. Menghasilkan sarana dan prasarana pendidikan, pembelajaran, penelitian serta
    pengabdian kepada masyarakat di program studi pendidikan matematika yang
    memadai dengan mengikuti perkembangan ilmu pendidikan matematika terkini.
  7. Menerapkan dan menghasilkan kerjasama regional dan nasional dalam upaya
    mendukung pengembangan tridharma perguruan tinggi.

DOSEN TETAP PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA:

  1. SRI REJEKI PURI WAHYU PRAMESTHI, S.Si., M.Si.
  2. IRA WULAN SARI, S.Pd., M.Pd.
  3. FANNY ADIBAH, S.Pd.I, M.Pd.
  4. RUDI ANTONIUS, S.Pd., M.Pd.
  5. SUMUSLISTIANA, S.Pd., M.Pd.

DOSEN TETAP LUAR PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA:

  1. RINA RACHMAWATI, S.Pd., M.Pd.
  2. NOVITA RULLY ANGGRAENY, SS., M.Pd.
  3. M. SAMSUL ARIFIN, S.Pd., M.Pd.
  4. NANING EKO NOVIANA, S.Pd., M.Pd.
  5. RESI APRIANI HERGITA CANDRA, SH., MH.

PROFIL LULUSAN:

  1. GURU MATEMATIKA
  2. ASISTEN PENELITI PENDIDIKAN MATEMATIKA
  3. EDUPRENEUR
  4. PENULIS PENDIDIKAN MATEMATIKA

 KEUNGGULAN:

  1. Unggulan dalam bidang pendidikan:
    a) Proses pelaksanaan kegiatan perkuliahan baik di dalam kelas maupun di luar kelas
    didominasi mengimplementasikan Outcome Based Education (OBE).
    b) Pengembangan Kompetensi Dosen, tendik dan mahasiswa dilakukan secara berkala.
  2. Unggulan dalam bidang penelitian:
    a) Dosen melaksanakan penelitian terkait bidang keahlian dan pembelajaran yang
    diampunya.
    b) Adanya keterlibatan mahasiswa dalam pelaksanaan penelitian yang dilakukan dosen.
    c) Pelaksanaan kegiatan penelitian lainnya selalu dilakukan secara berkala
    bekerjasama/berkolaborasi dengan instansi/lembaga lain.
  3. Unggulan dalam bidang PkM:
    a) Adanya Komunitas Peduli Lingkungan, yaitu komunitas mahasiswa yang berfokus pada
    lingkungan dan masyarakat, seperti penggalangan dana untuk korban bencana alam,
    kegiatan bersih-bersih pantai, dan lain sebagainya.
    b) Adanya program bakti sosial “Etalase Berbagi” secara berkala minimal 1 kali dalam
    sebulan pada hari jumat.
    c) Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat lainnya selalu dilakukan secara
    berkala bekerjasama/berkolaborasi dengan instansi/lembaga lain.
  4. Unggulan dalam bidang publikasi:
    a) Seluruh hasil penelitian kolaborasi antara dosen dan mahasiswa sudah terpublikasi
    secara nasional termasuk dalam jurnal terakreditasi nasional (bersinta)
    b) Beberapa hasil pengabdian kepada masyarakat telah terpublikasi secara nasional
  5. Unggulan dalam bidang pengembangan kelembagaan:
    a) Pelaksanaan dan pengembangan kegiatan akademik (tridharma PT) telah berjalan
    sesuai visi misi fakultas pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam
    b) Pelaksanaan kegiatan non akademik (seperti himaptika, pengembangan karakter,
    pengembangan minat bakat mahasiswa) telah dilaksanakan dengan baik oleh fakultas
    pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam