Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia didirikan khusus untuk mendidik dan menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang siap menjadi guru bahasa Indonesia, peneliti, jurnalis, dan wirausaha, dengan deskripsi profil sebagai berikut.

1) Memiliki pengetahuan kependidikan

2) Memiliki pengetahuan kebahasaan

3) Memiliki pengetahuan kesusastraan

4) Memiliki pengetahuan kejurnalistikan

5) Memiliki pengetahuan kewirausahaan

6) Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia

7) Memiliki keterampilan bersastra Indonesia

8) Memiliki kemampuan mengembangkan pembelajaran

9) Memiliki kemampuan menilai hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik

10) Memiliki kemampuan meneliti kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia

11) Memiliki kemampuan menciptakan solusi kesulitan belajar bahasa Indonesia peserta didik

12) Memiliki kemampuan dalam pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia

Saat ini Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memiliki dosen tetap sebanyak 6 orang (1 orang menyelesaikan studi lanjut ke S-3, dan 5 orang berkualifikasi S-2). Jabatan fungsional akademik dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia terdiri atas 1 orang asisten ahli, 5 orang masih dalam pengusulan. Jumlah tenaga pendidik yang tidak tetap sebanyak 7 orang (2 orang berkualifikasi S-3, 1 orang studi lanjut ke S-3, dan 4 orang berkualifikasi S-2).

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia telah mengembangkan kurikulum 2016 yang merujuk KKNI, Standar Nasional Pendidikan Tinggi, dan Kurikulum Nasional Asosiasi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kurikulum 2016 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dikembangkan dengan rumusan standar kompetensi lulusan dan capaian pembelajaran lulusan dalam formula 144 SKS yang dapat ditempuh selama kurun waktu paling sedikit 7 semester (3,5 tahun) dan paling lama 14 semester (7 tahun).

1. Visi

Menjadi program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang Unggul dalam menghasilkan lulusan yang memiliki karakter, kompetensi, professional, dan Berbudaya pada tahun 2025

2. Misi

a. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang efektif, efisien, kreatif, dan berkualitas di bidang pendidikan, kebahasaan, humaniora sehingga menghasilkan lulusan yang berkarakter, berkomitmen tinggi, professional dan mampu menguasai ICT yang baik,

b. Melaksanakan penelitian yang kompetitif dalam mendukung pengembangan ilmu pendidikan, kebahasaan, dan humaniora dalam pendidikan bahasa Indonesia.

c. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya memberikan kontribusi untuk peningkatan keterampilan di bidang Pendidikan, kebahasaan, humaniora.

d. Mengembangkan dan mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi yang mendukung pengembangan pribadi mahasiswa dan dosen menjadi ilmuwan yang berjiwa pendidik, peneliti, kebahasaan, sastrawan, dan mampu menguasai IPTEK.

e. Mengembangkan tata kelola dan layanan akademik yang profesional dengan prosedur yang rasional, transparan, dan baku.

f. Mengembangkan kerjasama nasional dan internasional dalam upaya mendukung pengembangan Tri dharma perguruan tinggi.

3. Tujuan

a. Menghasilkan lulusan yang berkarakter, professional, memiliki kemandirian, mampu menguasai ICT yang baik, dan memiliki daya saing tinggi di dunia kerja dalam bidang pendidikan, kebahasaan, dan humaniora.

b. Menghasilkan penelitian yang kompetitif dalam mendukung pengembangan ilmu pendidikan, kebahasaan, dan humaniora dalam bahasa Indonesia.

c. Menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya memberikan kontribusi untuk peningkatan keterampilan di bidang Pendidikan, kebahasaan, humaniora.

d. Menghasilkan dan mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi yang mendukung pengembangan pribadi mahasiswa dan dosen menjadi ilmuwan yang berjiwa pendidik, peneliti, kebahasaan, sastrawan, dan mampu menguasai IPTEK.

e. Menghasilkan tata kelola dan layanan akademik yang profesional dengan prosedur yang rasional, transparan, dan baku.

f. Mengembangkan kerjasama nasional dan internasional dalam upaya mendukung pengembangan Tri dharma perguruan tinggi