1. Visi

“Menjadi Program Studi yang menghasilkan lulusan berkarakter, profesional dalam bidang PPKn dan memiliki kepekaan sosial pada tahun 2025”

2. Misi

A. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang inovatif sehingga menghasilkan lulusan PPKn yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial

B. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang pembelajaran PPKn, hukum, politik dan sosial budaya yang dapat mendukung kehidupan berbangsa dan bernegara yang bertanggung jawab

C. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil-hasil penelitian ataupun studi kelayakan yang dilakukan dengan melibatkan kerjasama dengan berbagai mitra kerja.

D. Mengembangkan kerjasama regional dengan beberapa Perguruan Tinggi dalam upaya mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi.

3. Tujuan

Selanjutnya visi dan msi tersebut dijabarkan menjadi tujuan Program Studi PPKn sebagai berikut
A. Menghasilkan lulusan PPKn yang berkualitas melalui pendidikan dan pembelajaran (perkuliahan) yang inovatif, multi metode, multi media, student centered dan joyfull learbibg sehingga memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial

B. Menghasilkan penelitian dalam bidang pembelajaran PPKn, hukum, politik dan sosial budaya yang dapat mendukung kehidupan berbangsa dan bernegara yang bertanggung jawab (good citizenship)

C. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil-hasil penelitian ataupun studi kelayakan yang dilakukan dengan melibatkan kerjasama dengan berbagai mitra kerja.

D. Menghasilkan kerjasama regional dengan beberapa Perguruan Tinggi dalam upaya mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta meningkatkan kualitas Prodi PPKn

Dalam mencapai tujuan tersebut, perlu dilakukan upaya-upaya agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Upaya-upaya yang dilakukan antara lain adalah :

1) Dalam usaha mencapai tujuan yang pertama, yaitu menghasilkan lulusan PPKn melalui pendidikan dan pembelajaran yang inovatif maka yang dilakukan adalah

A) Meningkatkan kualitas perkuliahan melalui pembelajaran berbasis IT dengan menggunakan model-model pembelajaran inovatif yang tetap menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan negara
B) Memperkaya wawasan mahasiswa melalui kegemaran membaca dengan memanfaatkan perpustakaan yang ada secara efektif guna mendukung dan mengembangkan budaya literasi

C) Menumbuhkembangkan sikap nasionalisme, patriotisme dan bela negara

D) Membangun karakter mahasiswa berdasar nilai-nilai luhur Pancasila yang ber-Bhinneka Tunggal Ika

E) Menumbuhkembangkan kepekaan mahasiswa terhadap permasalahan bangsa dan negara Indonesia yang semakin kompleks

2) Untuk mencapai tujuan yang kedua yakni menghasilkan penelitian yang dapat mengembangkan wawasan dosen dan memperkaya materi PPKn, maka yang dilakukan adalah

A) Membentuk kelompok-kelompok kajian sesuai dengan latar belakang pendidikan dosen yang berbasis pembelajaran PPKn yang inovatif, yang terkait dengan nilai/karakter bangsa, moral, hukum, politik maupun sosial budaya.

B) Hasil kajian dari kelompok tersebut ditindaklanjuti dengan pelatihan dan penyusunan proposal penelitian dengan didampingi oleh dosen senior

C) Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dengan harapan mahasiswa dapat memahami dan mengetahui proses penelitian yang benar, yang natinya dalam penyusunan skripsi, mahasiswa dapat mengambil sub-sub tema penelitian dosen sebagai penelitian payungnya

D) Menugaskan dosen-dosen untuk senantiasa mengikuti lokakarya penulisan karya ilmiah, dan seminar-seminar untuk memperluas wawasan yang dapat dijadikan kajian teori dalam penelitian

3. Untuk mencapai tujuan yang ketiga yaitu :menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil-hasil penelitian ataupun hasil studi kelayakan yang dilakukan adalah:

A) Melakukan kerjasama dengan berbagai mitra kerja, guna meningkatkan dan memperluas jaringan kerjasama

B) Menyusun proposal secara intensif berdasarkan kelompok-kelompok kajian yang telah terbentuk.

4. Untuk mewujudkan tujuan yang keempat yaitu menghasilkan kerjasama dalam upaya mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka yang dilakukan adalah:

A) Mengadakan kegiatan dengan melibatkan guru-guru mata pelajaran sejenis yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sejenis (MGMPS), dengan harapan akan mendapatkan masukan sesuai dengan kebutuhan lapangan

B) Mengadakan workshop tentang penyusunan RPP dengan model-model pembelajaran yang inovatif, joyfull learning dan berbasis IT

C) Melakukan studi banding ke beberapa Perguruan Tinggi yang memiliki Progam Studi PPKn,

D) Bila memungkinkan mengadakan kegiatan bersama terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat